Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di Indonesia

Septiani, Melasari (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702025192_Melasari Septiani.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702025192_Melasari Septiani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor farmasi di Indonesia tahun 2016-2020.
Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi dengan variabel yang diteliti ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kebijakan dividen sebagai variabel independen dan nilai perusahaan sebagai dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor farmasi di Indonesia tahun 2016-2020 dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Total sampel penelitian yang sesuai dengan kriteria peneliti selama periode 2016-2020 adalah 30 sampel. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil yang terdapat dalam penelitian ini adalah variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan nilai thitung sebesar 3,584. Variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 dan nilai thitung sebesar 3,164. Sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,122 dan nilai thitung sebesar 1,601. Variabel kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,652 dan nilai t hitung sebesar -0,456. Secara simultan ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan nilai fhitung sebesar 6,708. Nilai koefisien determinasi dalam penlitian ini sebesar 0,440 menunjukkan bahwa variabel independen ukuran perusahaan (SIZE), leverage (DER), profitabilitas (ROE), dan kebijakan dividen (DPR) mampu menjelaskan 44% variabel variabel dependen nilai perusahaan (PBV), sedangkan sisanya 56% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen lainnya dan menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:14
Last Modified: 25 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item