Pengaruh Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020

Wijaya, Ellya (2021) Pengaruh Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015183_Ellya Wijaya.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015183_Ellya Wijaya.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas (roa),
ukuran perusahaan, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan sub
sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah profitabilitas (roa), ukuran
perusahaan, dan leverage sebagai variabel independent dan manajemen laba
sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan sub sektor
makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020
sebanyak 30 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan
metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 5 perusahaan. Data yang
digunakan yaitu data sekunder berupa laporan tahunan (annual reports) serta
dilengkapi dengan sumber pustakaan lainnya. Teknik pengolahan data dan analisis
data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif dan
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data SPSS 24 dan
menghasilkan persamaan regresi Y = 0,337 + 0,002 X1 + -0,007 X2 + -0,12 X3.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas
berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,025 dan
thitung 2,482 > ttabel 2,05553. Ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh
terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,025 dan thitung -2,925
< ttabel 2,05553. Leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen
laba dengan nilai signifikansi 0,592 > 0,025 dan thitung -0,542 < ttabel 2,05553. Hasil uji statistik F menunjukan bahwa secara simultan variabel profitabilitas (roa),
ukuran perusahaan dan leverage secara bersama-sama berpengaruh terhadap
manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,010 < 0,025 dan nilai Fhitung 4,622 >
Ftabel 2,96. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam
penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar Square sebesar
0,273, dapat disimpulkan bahwa profitabilitas (roa), ukuran perusahaan, dan
leverage menjelaskan 27,3% variabel manajemen laba sedangkan sisanya 72,7%
dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti umur
perusahaan, kepemilikan manajerial, kualitas audit dan corporate governance.
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel
independen lainnya, menambahkan tahun pengamatan, dan menggunakan sampel
perusahaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari
penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:43
Last Modified: 03 Oct 2023 03:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29286

Actions (login required)

View Item View Item