Pengaruh Pendidikan Keuangan terhadap Hubungan Literasi Keuangan dengan Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Uhamka

Rahmatillah, Nurputi (2021) Pengaruh Pendidikan Keuangan terhadap Hubungan Literasi Keuangan dengan Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Uhamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015177_Nurputi Rahmatillah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015177_Nurputi Rahmatillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejauh literatur yang terjangkau oleh penulis, belum ada penelitian yang
menjadikan program studi (ekonomi vs non ekonomi) sebagai moderator bagi
hubungan literasi keuangan dan perilaku keuangan mahasiswa. Sehingga peneliti
tertarik untuk mengkaji bagaimana pengaruh pendidikan keuangan sebagai
moderator terhadap hubungan literasi keuangan dengan perilaku keuangan pada
mahasiswa UHAMKA. Pendidikan keuangan diproksikan dengan program studi
yang lebih banyak mata kuliah keuangannya, yaitu program studi berbasis
ekonomi (Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Ekonomi) dibandingkan dengan
mahasiswa yang sangat sedikit atau hampir tidak ada mata kuliah keuangannya
yaitu program studi non-ekonomi (Pendidikan Matematika). Sampel pada
penelitian ini berjumlah 145 mahasiswa yang dipilih secara acak bertahap.
Pengukuran perilaku keuangan diadaptasi dari OECD (2013) berupa 9 butir
pernyataan skala Liker yang mengukur perilaku menabung, perilaku tagihan dan
pembayaran pinjaman, perilaku investasi yang bertanggung jawab dan perilaku
perencanaan keuangan. Sedangkan pengukuran literasi keuangan diadaptasi dari
Lusardi & Mitchell (2014) berupa tes yang berisi 3 soal masing-masing tentang
menghitung suku bunga, pemahaman inflasi, dan pemahaman risiko investasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) literasi keuangan berhubungan positif
dengan perilaku keuangan; (2) pendidikan keuangan tidak berhubungan positif
dengan perilaku keuangan; dan (3) pendidikan keuangan memoderasi hubungan
positif literasi keuangan dengan perilaku keuangan, di mana hubungan antara
literasi keuangan dengan perilaku keuangan hanya positif untuk mahasiswa
program studi berbasis ekonomi. Dengan demikian, pendidikan keuangan yang
memfokuskan pada literasi keuangan sangat perlu disampaikan, terutama pada
mahasiswa program studi non-ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:43
Last Modified: 25 Sep 2023 07:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29284

Actions (login required)

View Item View Item