Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, Firm Size, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2015-2020

Colavisa, Nova Delia (2022) Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, Firm Size, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2015-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015128_Nova Delia Colavisa.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015128_Nova Delia Colavisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, likuditas, profitabilitas, firm size dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi, yaitu untuk menjelaskan pengaruh antara variavel bebas yaitu kebijakan dividen, likuditas, profitabilitas, firm size dan corporate social responsibility terhadap variabel terikat yaitu nilai perusahaan dan menjelaskan hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 52 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian, sehingga data penelitian berjumlah 260 data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah telaah dokumen, data yang ditelaah adalah laporan keuangan tahunan (annual report), jurnal penelitian terdahulu dan literatur lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda
.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. . Variabel Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan . Variabel firm size berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Variabel Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan secara simultan Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, Firm Size dan Corporate Social Responsibility (CSR) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah sebesar 0,190. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 19, 0%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel independen lain di luar model.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:29
Last Modified: 25 Sep 2023 06:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29265

Actions (login required)

View Item View Item