Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim dan Hasil Investasi Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah

Nurmainih, Sainih (2021) Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim dan Hasil Investasi Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015115_Sainih Nurmainih.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015115_Sainih Nurmainih.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan premi, beban klaim dan hasil investasi pada perusahaan asuransi jiwa syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) periode 2014-2019.
Penelitian ini menggunakan metode data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi jiwa syariah yang konsisten masuk dalam otoritas jasa keuangan (OJK). Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 5 (lima perusahaan sebagai sampel). Pada penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan asuransi jiwa syariah periode 2014-2019 dengan jumlah 30 data, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS versi 25.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 68,6 % dan sisanya sebesar 31,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendapatan premi, beban klaim dan hasil investasi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. Hasil uji simultan menunjukan bahwa variabel bebas berpengaruh positif signifikan terhadap variabel terikat
Oleh sebab itu, disarankan kepada Perusahaan seharusnya mengadakan evaluasi terhadap semua risiko yang mungkin terjadi. Seleksi risiko yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang lebih optimal bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:08
Last Modified: 25 Sep 2023 06:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29260

Actions (login required)

View Item View Item