Pengaruh Kemandirian Daerah, Efektivitas Keuangan Daerah dan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi pada Pulau Kalimantan Sulawesi, Jawa, Bali dan Maluku

Rahmah, Shadrina Atikah (2020) Pengaruh Kemandirian Daerah, Efektivitas Keuangan Daerah dan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi pada Pulau Kalimantan Sulawesi, Jawa, Bali dan Maluku. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015204_Shadrina Atikah Rahmah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015204_Shadrina Atikah Rahmah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemandirian keuangan daerah, efektivitas keuangan daerah dan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan daerah.
Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian keuangan daerah (X1), efektivitas keuangan daerah (X2), kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah (X3), dan akuntabilitas pelaporan keuangan daerah (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah yang telah diberi skor EKPPD oleh Kemendagri selama periode 2015-2017 dan yang laporan keuangannya telah diaudit oleh BPK. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah judgment sampling dan diperoleh 18 provinsi sebagai sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Berdasarkan penelitian terssebut dapat disimpulkan bahwa kemandirian daerah (X1) dan efektivitas keuangan daerah (X2) berpengaruh terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan daerah (Y), sedangkan untuk kinerja penyelenggaraan pemerintaha daerah (X3) tidak memiliki pengaruh. Selanjutnya secara bersama-sama ketiga variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:16
Last Modified: 25 Sep 2023 03:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29231

Actions (login required)

View Item View Item