Pengaruh Capital Intensity, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Fazriyanti, Fazriyanti (2020) Pengaruh Capital Intensity, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1602015114_Fazri Yanti.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1602015114_Fazri Yanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh capital intensity,
profitabilitas, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap
agresivitas pajak pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia periode 2015-2019.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel dalam penelitian
ini adalah Capital Intensity (X1), Profitabilitas (X2), Corporate Social
Responsibility (X3), dan Ukuran Perusahaan (X4). Populasi penelitian ini adalah
perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling
dan diperoleh 10 (sepuluh) perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menelusuri laporan
keuangan perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate tahun 2015-2019
melalui situs BEI (www.idx.co.id). Data diolah dengan menggunakan analisis
deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan
analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persamaan regresi linear
berganda Ŷ = -0,757 + 0,526X1 + 0,096 X2 + 0,099X3 + 0,020X4. Hasil uji hipotesis
(t) menunjukkan bahwa secara parsial capital intensity berpengaruh terhadap
agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,050. Variabel
profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,599 > 0,050. Variabel corporate social responsibility tidak
berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,261 >
0,050. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan
tingkat signifikansi sebesar 0,023 < 0,050. Selain itu, hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa secara simultan (F) variabel capital intensity, profitabilitas,
corporate social responsibility dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap
agresivitas pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,050. Berdasarkan
hasil analisis koefesien determinasi dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R
Square sebesar 0,342%. Hal ini berarti setiap perubahan agresivitas pajak
dijelaskan oleh variabel capital intensity, profitabilitas, corporate social
responsibility dan ukuran perusahaan sebesar 34,2% sedangkan sisanya 65,8%
dijelaskan variabel lainnya.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang
diteliti dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan dan menggunakan
sampel perusahaan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:39
Last Modified: 25 Sep 2023 02:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29222

Actions (login required)

View Item View Item