Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Nilai Perusahaan terhadap Corporate Governance Rating pada Perusahaan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia

Wachid, Andi (2017) Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Nilai Perusahaan terhadap Corporate Governance Rating pada Perusahaan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1302027011_Andi Wachid.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1302027011_Andi Wachid.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, komisaris independen dan nilai perusahaan terhadap corporate governance rating pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel yang diteliti adalah kepemilikan institusional, komisaris independen dan nilai perusahaan sebagai variabel bebas dan corporate governance rating sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Teknik pemilihan sampel adalah pendekatan judgment sampling dengan sampel yang terpilih sebanyak 7 perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data adalah telaah dokumen Laporan tahunan yang diterbitkan BEI dan Laporan Pemeringkatan CGPI. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, dan pengujian hipotesis.
Hasil dari analisis akuntansi variabel kepemilikan institusi nilai minimum sebesar 0,15, nilai maksimum sebesar 0,42, nilai mean sebesar 0,28 dan standar deviasinya sebesar 0,09. Variabel komisaris independen nilai minimum sebesar 0,33, nilai maksimum sebesar 0,57, nilai mean sebesar 0,47 dan standar deviasinya sebesar 0,09. Variabel nilai perusahaan nilai minimum sebesar 0,68, nilai maksimum sebesar 2,2, nilai mean sebesar 1,24 dan standar deviasinya sebesar 0,34. Variabel corporate governance rating nilai minimum sebesar 77,81, nilai maksimum sebesar 93,29, nilai mean sebesar 86,78 dan standar deviasinya sebesar 3,41.
Analisis model regresi linier berganda diperoleh persamaan Ŷ = 65,692 + 8,367X1 + 32,928X2 + 2,589X3. Berdasarkan pengujian asumsi klasik dapat diinterpretasikan bahwa uji normalitas residual terdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi, sehingga model regresi Best Linear Unblased Estimator (BLUE).
Nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) sebesar 0,65, artinya 65 % variabel corporate governance rating dapat dijelaskan oleh variabel kepemilikan institusi, komisaris independen dan nilai perusahaan sedangkan sisanya, 35 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model regresi.
Hasil pengujian secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate goverment rating sebesar 0,034 < 0,05, komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate goverment rating sebesar 0,000 < 0,05, nilai perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate goverment rating sebesar 0,042 < 0,05, sedangkan secara simultan kepemilikan institusi, komisaris independen, dan nilai perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate governance rating sebesar 0,000 < 0,05.
Koefisien korelasi parsial antara kepemilikan institusional dan corporate governance rating sebesar 0,323, maka dikatakan terdapat hubungan positif yang lemah. Nilai koefisien parsial antara komisaris independen dan corporate governance rating sebesar 0,749, maka dikatakan terdapat hubungan positif yang kuat. Nilai koefisien parsial antara nilai perusahaan dan corporate governance rating sebesar 0,306, maka dikatakan terdapat hubungan positif yang sedang dan signifikan.
Dari hasil penelitian ini disarankan bagi perusahaan, diharapkan mampu meningkatkan corporate governance rating, dengan cara meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:30
Last Modified: 22 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29165

Actions (login required)

View Item View Item