Analisis Penerapan Perencanaan Pajak Dalam Rangka Meminimalisasi Pajak Penghasilan Badan pada PT Sumber Gunadinamis

Paramitha, Sindy (2017) Analisis Penerapan Perencanaan Pajak Dalam Rangka Meminimalisasi Pajak Penghasilan Badan pada PT Sumber Gunadinamis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1202025173_Sindy Paramitha.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1202025173_Sindy Paramitha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan perencanaan pajak yang dilakukan PT Sumber Gunadinamis terbukti dapat meminimalkan pajak penghasilan badan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan rancangan studi kasus. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan cara menganalisis laporan keuangan PT Sumber Gunadinamis pada tahun 2015. Analisis data diperoleh dengan melakukan rekonsiliasi fiskal dan mengalihkan biaya yang tidak dapat dikurangkan, kemudian membandingkan beban pajak sebelum dan setelah melakukan perencanaan pajak.
Setelah dilakukan analisis terdapat penghematan pajak yang diperoleh setelah dilakukannya perencanaan pajak yaitu sebesar Rp 11.084.060, atas koreksi pada akun jamuan, sumbangan sebesar Rp 59.668.050 dan beban handphone sebesar Rp 4.655.200 yang digunakan untuk fasilitas dinas direksi yang akan menjadi penguran penghasilan kena pajak. Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perencanaan pajak yang tepat, maka dapat meminimalkan pajak penghasilan yang terutang oleh wajib pajak badan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan sebaiknya PT Sumber Gunadinamis melakukan perencanaan pajak dengan baik dan optimal dengan melalui penganalisaan informasi yang ada secara teliti ataup bisa berupa pemberian biaya untuk kesejahteraan karyawan seperti penghasilan atau tunjangan yang berguna bagi karyawan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:50
Last Modified: 22 Sep 2023 06:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item View Item