Evaluasi Terhadap Program Budaya Kerja Guru di SMK PGRI 16 Jakarta

Purnamawati, Sri Endang (2019) Evaluasi Terhadap Program Budaya Kerja Guru di SMK PGRI 16 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1709037032_SRI ENDANG PURNAMAWATI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1709037032_SRI ENDANG PURNAMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi terhadap program budaya kerja guru di SMK PGRI 16 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi yang menilai objek yang diteliti seperti kebijakan, program,
proyek, orang, atau material, dan sebagainya berdasarkan standar atau tolok ukur tertentu. Data dan informasi di lapangan dijaring dengan bantuan kuesioner. Landasan kebijakan yang digunakan dalam pelaksanaan budaya kerja guru
di SMK PGRI 16 berdasarkan hasil evaluasi model ketimpangan meliputi: a), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, b) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, c) Kode Etik dan Ikrar Guru Indonesia, dan Buku
Saku yang berisi tentang uraian tugas dan tata tertib pendidik dan tenaga kependidikan di SMK PGRI 16 Jakarta. Tujuan budaya kerja guru adalah agar mereka dapat menunjukkan kinerjanya secara optimal, yakni memiliki loyalitas yang tinggi, dedikasi yang kuat, melaksanakan tugas pokok dan fungsinya penuh rasa tanggung jawab, memiliki prakarsa dan jiwa kepemimpinan yang baik pula.
Pelaksanaan evaluasi budaya kerja para guru di SMK PGRI 16 Jakarta ditempuh sesuai prosedur yang semestinya harus ditempuh dalam evaluasi model ketimpangan: a) mengembangkan desain dan standar yang menspesifikasikan karakteristik implementasi ideal dari objek evaluasi berupa kebijakan, program, dan atau proyek, b) merencanakan evaluasi dengan menentukan informasi yang diperlukan untuk membandingkan implementasi yang sesungguhnya dengan standar kinerja yang seharusnya, c) menjaring kinerja objek evaluasi yang meliputi pelaksanaan program, hasil kuantitatif dan hasil kualitatif. Melalui evaluasi ketimpangan diperoleh data dan informasi di lapangan bahwa budaya kerja guru di SMK PGRI 16 Jakarta pada umumnya baik, hal tersebut berdasar pada data bahwa dari 25 aspek (indikator) budaya kerja guru sebanyak 35 orang, ternyata jawaban Ya sebanyak 767 poin (87,66%) dapat dicapai dengan baik, sedangkan yang menjawab Tidak sebanyak 89 poin (12,34%) masih buruk. Adapun hasil outcome yang didapat dari penelitian ini adalah: guru siap ditugasi
melaksanakan jabatan atau tugas tertentu sesuai kemampuan standar minimum, para guru dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik; mengarahkan, membimbing, memotivasi, dan menasehati para siswa khususnya siswa yang
bermasalah (maladjusted), guru menyelenggarakan penilaian dan evaluasi secara rutin (formatif dan sumatif), dan guru membantu panitia kegiatan yang dilakukan OSIS seperti penyelenggaraan HUT RI, Idul Qurban, kunjungan dunia industri, dan ulang tahun PGRI/ hari guru nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, budaya kerja guru
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:24
Last Modified: 21 Sep 2023 05:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29140

Actions (login required)

View Item View Item