Evaluasi program manajerial kepemimpinan kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta

Januardi, Ega (2019) Evaluasi program manajerial kepemimpinan kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1709037022_EGA JANUARDI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1709037022_EGA JANUARDI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program manajerial kepala sekolah guna meningkatkan mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta, dengan difokuskan pada sistem pengumpulan data melalui Google Drive (GDrive) maka diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk perbaikan pelaksanaan program, sehingga program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan mutu Pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan melalui penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi berbasis tujuan (Goal Oriented Evaluation Model), Semua sumber informasi berasal dari warga sekolah seperti: Ketua DIKDASMEN, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kepala TU, Koordinator Ekstrakurikuler, Koordinator Piket, Koordinator ISMUBA, Koordinator Humas, Koordinator UKS, Guru, dan Komite Sekolah. Pengumpulan data diperoleh dengan cara: observasi langsung, wawancara dan dokumentasi, setelah mendapatkan informasi kemudian dilakukan kroscek data primer dan literatur yang ada kemudian temuan penelitian ini dideskripsikan berupa narasi.
Penelitian memperoleh hasil bahwa program tersebut dapat meningkatkan tiga standar Pendidikan dari delapan standar Pendidikan, yaitu standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pendidik dan tenaga pendidik.
Rekomendasi untuk program tersebut adalah dapat dilanjutkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan program tersebut maka kepala sekolah harus membuat pelatihan secara khusus dan terjadwal kemudian membuat konsekuensi logis terhadap kedisiplinan pengumpulan file administrasi guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajerial, Mutu Pendidikan, Google Drive (GDrive), dan Konsekuensi Logis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:51
Last Modified: 21 Sep 2023 04:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29134

Actions (login required)

View Item View Item