Hubungan antara Profesionalitas Guru dan Konsep Diri Guru dengan Disiplin Kerja Guru Pada Era Pandemi Covi 19 di Sekolah Dasar Negeri Binaan I Kecamatan Kembangan Jakarta Barat

Hidarti, Alice (2020) Hubungan antara Profesionalitas Guru dan Konsep Diri Guru dengan Disiplin Kerja Guru Pada Era Pandemi Covi 19 di Sekolah Dasar Negeri Binaan I Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037095_ALICE HIDARTI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037095_ALICE HIDARTI.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis hubungan antara profesionalitas guru dan konsep diri guru dengan disiplin kerja guru pada era
pandemi covid 19 di sekolah dasar negeri binaan I kecamatan kembangan Jakarta Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, dan kuesioner. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru yang bertugas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Kemudian populasi terjangkau dalam penelitian ini sebanyak 152 orang dan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin
untuk menentukan sampel penelitian, adalah 110 orang dari 10 SD Negeri Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara profesionalitas guru dengan disiplin kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 6.504 + 0.936X1, dengan koefisien korelasi ry1= 0.886 dan koefisien determinasi (ry1)2= 0.7849 pada α= 0,05; (2) there is a positive relationship between teacher self-concept and teacher work discipline with the regression equation Ŷ = 15.073 + 0.843 X2, with a correlation coefficient of ry2 = 0.828 and a coefficient of determination (ry2)2 = 0.6856 at α = 0.05; and (3) there is a positive relationship between teacher professionalism and teacher self-concept together with teacher work discipline with the regression equation Ŷ = 2.980 + 0.707X1 + 0.256X2, with a correlation coefficient ry.12 = 0.8951 and a coefficient of determination (ry. 12 )2 = 0.8012 at α = 0.05; Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara profesionalitas guru dan konsep diri guru, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dapat memberi
sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru. Oleh karena itu diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja Guru, Profesionalitas Guru dan Konsep Diri Guru
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:01
Last Modified: 20 Sep 2023 04:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item