Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Jakarta

Effendi, Effendi (2020) Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037050_EFFENDI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037050_EFFENDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesenjangan dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 5 Jakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Kombinasi) dengan menggunakan model evaluasi Kesenjangan (DEM). Subjek penelitian ini adalah semua personil yang terlibat didalam pelaksanaan prakerin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini untuk kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan Untuk Kuantitatif menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Reduksi data, Verifikasi data dan Kesimpulan . Teknik Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber.
Hasil penelitian ini adalah didalam pelaksanaan prakerin pada kompetensi keahlian TITL di SMK Negeri 5 Jakarta masih terdapat kesenjangan pada semua komponen yang terdapat didalam model evaluasi DEM (Komponen Design, Installation, Proses, dan Produk) terhadap pedoman yang telah ditetapkan., Adapun kesenjangan yang terbesar terdapat pada komponen Proses yaitu sebesar 19,46% . Hal ini disebabkan pada indicator persiapan dan pelaksanaan prakerin yang ada didalam komponen proses belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada didalam buku pedoman. Faktor penghambat pelaksanaan prakerin adalah : a) Masih terdapat siswa yang kurang sungguh - sungguh dalam melaksanakan prakerin b). Pembekalan siswa tentang disiplin dan budaya industri masih kurang c) Masih belum sinkron antara materi yang diajarkan disekolah dengan yang diberikan diindustri d) Masih banyak industri tempat prakerin siswa yang jenis pekerjaannya tidak sesuai dengan kompetensi keahlian siswa disekolah e) Masih belum sepenuhnya siswa diberikan tanggung jawab penuh tentang pekerjaan diindustri,

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Praktik Kerja Industri, Kesenjangan (DEM).
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:24
Last Modified: 20 Sep 2023 03:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item