Evaluasi Implementas Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 8 Jakarta

Sunanto, Dwi (2020) Evaluasi Implementas Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 8 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037007_DWI SUNANTO.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037007_DWI SUNANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi, memperoleh informasi pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 8 Jakarta. Pelaksanaan pendidikan yang dimaksud meliputi kebijakan penyelenggaraan, tujuan, visi dan misi sekolah, peserta didik, guru, kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Subyek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan mulai dari context bahwa kebijakan tentang pelaksanaan pendidikan karakter secara eksplisit sudah ada. Input, SMKN 8 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pendidikan karakter yang diimplementasikan pada ekstrakurikuler. Latar belakang pendidikan guru 73% yang telah S1 dengan kompetensi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, tetapi jumlah guru pembina khusus ekstrakurikuler belum memadai. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 revisi. Prasarana khusus yang dimiliki SMKN 8 Jakarta cukup memadai. Process, pelaksanaan pembelajaran dan ekstrakurikuler dilakukan secara klasikal,. Dan Product, rata-rata tingkat pencapaian hasil belajar yang diperoleh siswa cukup baik, artinya bahwa setiap siswa dapat dinyatakan lulus. Perkembangan aspek sosialnya bagus dengan pendidikan karakter siswa menjadi mandiri, disiplin dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, karakter, CIPP
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:25
Last Modified: 19 Sep 2023 06:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item