Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Pada masa pandemi covid-19 Dini (Studi Kasus) di TK Khairunnisa Kecamatan Larangan Kota Tangerang

Sugiyarti, Sugiyarti (2021) Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Pada masa pandemi covid-19 Dini (Studi Kasus) di TK Khairunnisa Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037142_SUGIYARTI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037142_SUGIYARTI.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk melihat kesesuaian pembelajaran jarak jauh dengan tumbuh kembang anak usia dini yang mana dalam pembelajaran adalah menciptakan suasana yang menyenangkan dan bahagia di rumah, sesuai dengan dunia anak usia dini, serta mengetahui hambatan yang dialami guru dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sesuai dengan surat edaran Kemendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, Surat edaran Kemendikbud nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, dan SKB 4 Mentri nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020,
dan Nomor 440- 882 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara dan catatan
lapangan dianalisis kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Kesesuaian proses pembelajaran jarak jauh guru TK Khairunnissa Kecamatan Larangan dengan mengacu pada anjuran pemerintah sudah cukup
sesuai namun ada faktor penghambat untuk seorang guru memaksimalkan kompetensinya. Adapun hambatan berupa media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh belum memadai serta masih terbatasnya kemampuan guru untuk mengoperasikan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan
ketrampilan penguasaan penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dari hasil penelitian yang ada, TK Khairunnisa khususnya dan guru-guru TK pada umumnya masih sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat
ataupun daerah untuk melakukan pembinaan sumber daya manusia berupa ketrampilan penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran; Media Pembelajaran; Materi Pembelajaran.
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 05:51
Last Modified: 19 Sep 2023 05:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29086

Actions (login required)

View Item View Item