Evaluasi Peran Komite Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)

Umiyati, Umiyati (2021) Evaluasi Peran Komite Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037130_UMIYATI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037130_UMIYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komite sekolah memiliki peran sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung. Dari keempat peran tersebut, diharapkan komite sekolah mampu membantu satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan dan mampu melaksanaan pengelolaan pendidikan secara efisian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Peninggilan 5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaif, dengan pendekatan deskriptif dan model Provus (Ketimpangan dengan membandingkan antara stanndar yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 dan realisasi pelaksanaannya di SDN Peninggilan 5.Teknik pengumpulan data ini melalui wawancara yang mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, ketua komite, guru, dan orang tua peserta didik Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5. Analisis data yang digunakan ada tiga langkah yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung telah dilaksanakan namun maksimal sebagai ditetapkan pemerintah. Sebagai pemberi pertimbangan komite belum terlihat aktif memberikan masukan dan pertimbangan dalam perencanaan program dan kebijakan sekolah. Sebagai pendukung, Komite Sekolah telah aktif memberikan dukungan terhadap pengadaan dan pengelolaan sarana prasarana, sumber daya manusia, maupun pendanaan, dalam menjalankan perannya sebagai pengontrol terhadap perencanaan dan pelaksanaan program sekolah, laporan hasil pengamatan masih berupa informasi lisan dan insidental. Peran sebagai penghubung sudah cukup baik, namun hubungan kerjasama dengan masyarakat masih kurang. Secara umum komite Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 5 berperan dalam peningkatkan mutu sekolah dengan membantu moril maupun materiil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komite Sekolah, Mutu Pendidikan, Peran Komite Sekolah
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:29
Last Modified: 19 Sep 2023 03:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29071

Actions (login required)

View Item View Item