Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Penggerak: Studi Kualitatif pada SDN Sudimara Timur Ciledug Kota Tangerang

Supriatin, Supriatin (2021) Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Penggerak: Studi Kualitatif pada SDN Sudimara Timur Ciledug Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037129_SUPRIATIN.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037129_SUPRIATIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi terlaksana atau tidak implementasi manajemen berbasis sekolah menuju sekolah penggerak di SDN Sudimara Timur. Evaluasi ini juga bertujuan untuk menilai konteks, input, proses dan produk dari pelaksanaan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah penggerak Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah, meliputi pengumpulan data menggunakan wawancara berstruktur, observasi, dan dokumentasi.. Model penelitian yang digunakan adalah model CIPP (Conteks, Input, Procces, Produk).Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan, monitoring, dan evaluasi manajemen berbasis sekolah sudah dilaksanakan dengan cukup baik di SDN Sudimara Timur namun untuk program menuju sekolah penggerak belum direncanakan dikarenakan program tersebut baru ingin disosialisasikan oleh dinas terkait. 2) Implementasi manajemen berbasis sekolah dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah serta bersesuaian dengan peraturan yang berlaku. 3) Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah bersesuaian dengan kualifikasi yang dibutuhkan namun terdapat guru yang masih tidak mampu menjalankan program manajemen dengan baik. 4) Hasil implementasi manajemen berbasis sekolah diantaranya meningkatnya prestasi akademik dan non akademik peserta didik serta meningkatnya kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidik dalam merencanakan pembelajaran untuk memajukan mutu pendidikan diSDNSudimaraTimur.Berdasarkanhasil evaluasi ini, elevator memberikan rekomendasi program evaluasi implementasi manajemen berbasis sekolah menuju sekolah penggerak untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah yang bersesuaian dengan visi, misi sekolah, serta peraturan yang terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MBS, Sekolah Penggerak, CIPP
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:24
Last Modified: 19 Sep 2023 03:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item