Evaluasi Kinerja Komite Sekolah Dalam Mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN Sudimara Timur Ciledug Kota Tangerang

Aliyah, Siti (2021) Evaluasi Kinerja Komite Sekolah Dalam Mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN Sudimara Timur Ciledug Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037128_SITI ALIYAH.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037128_SITI ALIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana kinerja komite sekolah dalam mendukung peningkatan mutu Pendidikan di SDN Sudimara Timur dengan tolak ukur kinerja komite sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melaui observasi, wawancara, dan studi dokumen melaui unit analisis yaitu kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan orang tua siswa. Penelitian ini menggambarkan tentang kinerja komite dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di SDN Sudimara Timur dengan tolak ukur relevansi kinerja komite sekolah, SDM komite sekolah, sumber dana komite sekolah, implementasi kinerja komite sekolah dan prestasi akademik dan non akademik. Berdasarka hasil penelitian dengan menggunakan analisis model context, input, proses dan produk (CIPP) menunjukan bahwa kinerja komite sekolah dalam upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan belum sepenuhnya berhasil dan sesuai dengan standar yang telah di tetapkan pemerintah terlihat dari kinerja yang belum maksimal dilaksanakan, komite hanya bersifat mendukung program dan kebijakan sekolah. Masih banyak kekurangan dari sisi pendanaan karena komite hanya mengandalkan partisipasi orang tua siswa, sarana prasarana yang di miliki sekolah belum memadai seperti ruang pertemuan untuk komite menggunakan ruang komputer. Dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di SDN Sudimara Timur komite berperan aktif dalam membantu pelaksanaan program pendidikan salah satunya dengan memberikan sumbangan berupa leptop untuk mendukung pembelajaran komputer, komite juga berperan dalam mendukung program dan kebijakan sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang membutuhkan bantuan dana yang tidak di biayai oleh pemerintah atau di biayai namun tidak mencukupi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:19
Last Modified: 19 Sep 2023 03:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item