Implementasi Penjamin Mutu (Quality Assurance) Dan Pengendalian Mutu (Quality Control) Pada Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang

Anggraeni, Nunung (2021) Implementasi Penjamin Mutu (Quality Assurance) Dan Pengendalian Mutu (Quality Control) Pada Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037127_NUNUNG ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037127_NUNUNG ANGGRAENI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi dan dampak QA dan QC pada peningkatan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMK PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (kualitatif research) dengan metode penyelidikan studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode 1) wawancara (interview) semi terstrukur, 2) observasi (observation) dan 3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yang terangkum dalam pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan dan verifikasi data (conclusion drawing dan verifying). Hasil penelitian menunjukan Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi QA dan QC sebagai upaya peningkatkan mutu Sumber Daya Manusia di SMK PGRI Ciledug dilakukan oleh kepala sekolah melalui tiga tahap yang pertama, menentukan standar mutu sumber daya manusia yaitu: 1) beragama Islam 2) mampu membaca Al-Quran, 3) memiliki integritas tinggi, 4) memiliki kualifikasi pendidikan yang linier sesuai dengan keahlian dan memiliki kecakapan sosial sesuai yang dibutuhkan, minimal lulusan pendidikan S1, 5) bersedia menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, 6) bersedia untuk tidak bekerja di lembaga lain., kedua, melakukan upaya-upaya dalam peningkatan mutu sumber daya manusia yaitu: 1) On The Job Training, seperti: a) Rotasi Jabatan, b) Pelatihan (Training), c) Pengelolaan kinerja guru, d) Pengembangan Karir, e) Peningkatan Kesejahteraan. 2) Off The Job Training, seperti: a) Pendidikan, b) Workshop, c) Seminar, d) MGMP, e) Study Banding., dan ketiga,mengevaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yaitu: 1) evaluasi kinerja melalui ruang kontrol dengan menggunakan CCTV, 2) evaluasi kinerja melalui presensi kehadiran yang di bantu alat finger print dan jurnal kelas guru, 3) evaluasi kinerja melalui sistem top down.Sementara dampak QA dan QC antara lain: 1) Mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan, 2) Memotivasi tim dalam bekerja lebih baik dengan kualitas yang tinggi, dan 3) Menghasilkan output yang berkualitas tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:13
Last Modified: 19 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item