Evaluasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan : Studi Kualitatif pada Mafatih Islamic School Kalibata Jakarta Selatan

Al Khuwarizmi, Faariq Robiith (2021) Evaluasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan : Studi Kualitatif pada Mafatih Islamic School Kalibata Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037071_FAARIQ ROBIITH AL KHUWARIZMI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037071_FAARIQ ROBIITH AL KHUWARIZMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Mafatih Islamic School Kalibata Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model evaluasi ketimpangan (discrepancy model evaluation). Penggunaan model evaluasi tersebut dipilih untuk meneliti adanya kesenjangan antara standar dengan pelaksanaan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di Mafatih Islamic School Kalibata menggunakan e-learning dengan model Moodle sebagai penyampaian bahan ajar dan beberapa platform pertemuan virtual seperti Microsoft
Teams, Google Meet, dan Zoom. Pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh Mafatih Islamic School Kalibata memiliki kesenjangan di dalam pelaksanaannya. Kesenjangan ada pada pelaksanaannya serta karakteristik mutu pendidikan yang
belum terpenuhi seluruhnya, yaitu kinerja, waktu wajar, dan standar tertentu. Manajemen sekolah harus senantiasa melakukan pengawasan dan monitoring yang ketat sehingga pembelajaran daring yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan efektif sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya kesenjangan dan mampu mencapai seluruh karakteristik yang ada pada standar pelaksanaan. Hasil
dari evaluasi yang dilakukan ini berkaitan dengan kualitas mutu pendidikan di Mafatih Islamic School Kalibata. Mutu pendidikan di Mafatih Islamic School Kalibata dapat dikatakan cukup baik jika dilihat dan disandarkan kepada beberapa aspek penilaian di dalam penelitian evaluasi ini. Aspek-aspek tersebut meliputi enam tahapan evaluasi ketimpangan, prinsip pembelajaran daring, hasil belajar
murid, dan karakteristik mutu pendidikan. Dengan penelitian ini, diharapkan pembelajaran daring yang dilaksanakan
lebih efektif lagi, terutama kaitannya dalam menjalankan amanah bangsa agar setiap anak bangsa dapat memperoleh hak pendidikan mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:31
Last Modified: 18 Sep 2023 07:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29048

Actions (login required)

View Item View Item