Peta Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Guru-Guru Ismuba di Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta

Ari Khairurrijal Fahmi, Ari Khairurrijal Fahmi dan lismawati, lismawati (2021) Peta Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Guru-Guru Ismuba di Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta. Jurnal solma, 10 (1). pp. 23-30. ISSN 2614-1531

[thumbnail of susilo,+Peta+Keterampilan+Mengajar+Bahasa+Arab.pdf]
Preview
Text
susilo,+Peta+Keterampilan+Mengajar+Bahasa+Arab.pdf

Download (308kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma

Abstract

Kegiatan ini dilakukan dengan latar belakang bahwa pengembangan ilmu pengetahuan harus terus dikembangkan melalui kompetensi guru yang mengajar khususnya dalam bidang bahasa Arab. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peta keterampilan mengajar Bahasa Arab bagi guru sekolah Muhammadiyah di DKI Jakarta. Metode pelaksanaan pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan; yaitu pendekatan terhadap mitra, partisipasi mitra, dan evaluasi dan keberlanjutan program pasca pelaksanaan pengabdian ini. pendekatan terhadap mitra dilakukan dengan pendekatan personal dan institusional guna mendapatkan data yang akurat mengenai kondisi sosial demografis mitra. Adapun partisipasi mitra dilaksanakan dengan program pelatihan yang akan dilaksanakan dua kali dalam satu bulan untuk materi pelatihan yang akan dilaksanakan empat bulan. Pengabdian masyarakat ini menghasilkan 2 hal; pertama berupa kegiatan pelatihan model pembelajaran bahasa arab berbasis digital dan pelatihan evaluasi pembelajarn berbasis digita, kedua berupa hasil pemetaan kemampuan mengajar bahasa arab guru guru ISMUBA di DKI Jakarta. Data menunjukkan bahwa dari 65 orang guru bahasa Arab yang mengajar di sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta sangat membutuhkan pelatihan ini. Secara angka, 58.5% guru tidak memiliki ijazah bahasa Arab, dan 41.5% memiliki ijazah bahasa Arab, 76.9% guru yang mengajar, tidak pernah mengikuti pelatihan khusus terkait pembelajaran bahasa Arab, 21% guru pernah mengikuti 1-2 kali pelatihan, 1,1% guru pernah mengikuti pelatihan lebih dari 2 kali. Berdasarkan pengamatan mendalam dari data hasil survey setelah kegiatan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang terfokus pada model dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab secara daring perlu dilakukan lebih sering.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > D History (General)
Depositing User: Lismawati Lismawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:51
Last Modified: 19 Sep 2023 03:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29033

Actions (login required)

View Item View Item