Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Permatasari, Nabila Adinda dan Masykuroh, Khusniyati (2022) Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 6 (2). pp. 678-687. ISSN 25497367

[thumbnail of Artikel Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini] Text (Artikel Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini)
6192 - Published Version

Download (32kB)
Official URL: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/a...

Abstract

Peran orangtua dalam pendidikan karakter sangat penting supaya anak mempunyai perilaku baik dimanapun dia berada. Melalui komunikasi orangtua dapat memberikan penjelasan mengenai tindakan baik dan buruk serta menyediakan ruang bagi anak untuk berargumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Metode yang digunakam dalam penelitian ini adalah kuantitaif, dengan variabel X (komunikasi orang tua) dan variabel Y (pendidikan karakter). Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 36 orangtua murid di TK Ash-Sholihah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh komunikasi orangtua (X) terhadap pendidikan karakter anak usia dini (Y), terlihat dari angka F hitung sebesar 10.857 dengan tingkat signifikansi 0.003 lebih besar dari 0.05. Variabel X berkontribusi mempengaruhi variabel Y sebesar 31.1%. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan meneliti faktor-faktor selain komunikasi orangtua sebagai pengaruh dalam pendidikan karakter anak.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Khusniyati Masykuroh
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:53
Last Modified: 19 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28957

Actions (login required)

View Item View Item