Ibnu Qayyim al-Jauziyyah fi Ta'lil al-Ahkam

Mansur, Zuhratul Aini (2009) Ibnu Qayyim al-Jauziyyah fi Ta'lil al-Ahkam. Masters thesis, Al-Azhar University.

[thumbnail of Tesis manuscript]
Preview
Text (Tesis manuscript)
Executive Summary and Thesis_zuhratul aini mansur.pdf - Accepted Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Syariat Islam hadir dan mengaitkan hukum-hukumnya dengan ilat dan sebab yang dapat dipahami para mukallaf. Dengan cara ini, syariat islam dalam koredor maqashidnya untuk mengambil kemaslahatan dan menolak kemafsadatan. Salah satu ulama besar muslim yang punya konsen dan punya pikiran mendalam terkait ta'lil ahkam adalah Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Dengan metode deskriptif analisis, penelitian ini akan mengungkap rambu-rambu ta'lil ahkam, jalan-jalan ta'lil ahkam dan aplikasi fikih dari ta'lil ahkam.
Sumber literatur primer penelitian adalah kitab-kitab karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan literatur terkait ta'lil ahkam dan maqashid syariah.
Temuan penting penelitian ini antara lain:ibnu Qayyim termasuk ulama yang memandang ta'lil sebagai hukum asal, tanpa membedakan antara ibadah dan muamalah. Ta'lil ahkam Ibnu Qayyim dilandaskan pada komprehensif syariat dan kulliyat hukum Islam. Ijtihad ta'lily menurut Ibnu Qayyim tidak sebatas ta'lil lafdzi dan qiyas parsial, tetapi pembacaan menyeluruh terhadap sumber hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Zuhratul Aini Mansur
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:52
Last Modified: 19 Sep 2023 03:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

View Item View Item