Analisis Perkembangan Usaha Mikro Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Murabahah Pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) BISMA Cipondoh, Kota Tangerang.

Latif, Hasan (2019) Analisis Perkembangan Usaha Mikro Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Murabahah Pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) BISMA Cipondoh, Kota Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1407025056_HASAN LATIF.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1407025056_HASAN LATIF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasan Latif, Analisis Perkembangan Usaha Mikro Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Murabahah Pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) BISMA Cipondoh, Kota Tangerang. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan murabahah pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) BISMA Kota Tangerang yang dilihat dari indikator modal usaha, omset penjualan, dan keuntungan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder penulis menggunakan kuesioner untuk megumpulkan informasi dari responden, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 71 nasabah dan menggunakan Purposive Sampling yang dipilih menggunakan rumus Slovin, Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji pangkat tanda Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan positif yaitu meningkatnya modal usaha antara sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan murabahah. (2) Ada perbedaan positif yaitu meningkatnya omset penjualan antara sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan murabahah. (3) Ada perbedaan positif yaitu meningkatnya keuntungan usaha antara sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan murabahah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 02 Sep 2023 02:36
Last Modified: 02 Sep 2023 02:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28843

Actions (login required)

View Item View Item