Analisis Perbandingan Penyelesaian Sengketa Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah Dan Fintech Menurut Hukum Positif.

Kandani, Syifa Aulia (2020) Analisis Perbandingan Penyelesaian Sengketa Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah Dan Fintech Menurut Hukum Positif. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025077_SYIFA AULIA KANDANI.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025077_SYIFA AULIA KANDANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Syifa Aulia kandani, 1607025077, Analisis Perbandingan Penyelesaian Sengketa Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah Dan Fintech Menurut Hukum Positif. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Peminjaman uang melalui lembaga keuangan Bank syariah maupun fintech banyak diminati masyarakat karena prosesnya yang mudah. Pinjaman yang akan diberikan oleh lembaga keuangan tentunya tidak terlepas kaitannya dengan risiko kredit macet. Kasus pembiayaan bermasalah tentunya sangat memerlukan penyelesaian agak mencegah hal-hal yang dapat merugikan pihak lembaga keuangan manapun.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisa penyelesaian sengketa pembiayaan bermasalah di Bank syariah dan Fintech Investree. Mengetahui bagaimana perlindungan kepada konsumen yang di lakukan Bank syariah dan Fintech Investree. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka, metoe analisis data menggunakan metode deskriptif (kualitatif).
Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur dalam penyelesaian sengketa pembiayaan bermasalah antara lain dengan pendekatan pesuasif, restrutrukturisasi, negoisasi, dan menagih hutang kepada ahli waris. Tahap eksternal melalui debt collector.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:22
Last Modified: 23 Aug 2023 04:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28672

Actions (login required)

View Item View Item