Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Emas Secara Kredit (Studi Kasus Pembiayaan Kepemilikan Emas Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo

Almadianti, Siti Sarah (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Emas Secara Kredit (Studi Kasus Pembiayaan Kepemilikan Emas Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025003_Siti Sarah Almadianti.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025003_Siti Sarah Almadianti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Sarah Almadianti, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Emas Secara Kredit (Studi Kasus Pembiayaan Kepemilikan Emas Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo), Progam Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme dan hukum islam yang berlaku dalam jual beli emas dalam akad murabahah Pembiayaan Kepemilikan Emas di Bank Jawa Barat dan Banten Syariah Cabang Soepomo. Penelitian ini disusun dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka dan internet searching.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme Pembiayaan Kepemilikan Emas (PKE) sudah sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan dan sesuai hukum islam yang berlaku, bank Jawa Barat dan Banten Syariah cabang Soepomo menggunakan Fatwa No. 77/DSNMUI/V/2010 sebagai landasan dalam akad murabahah Pembiayaan Kepemilikan Emas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:57
Last Modified: 23 Aug 2023 03:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28669

Actions (login required)

View Item View Item