Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur.

Nabila, Arina (2020) Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1607015056_ARINA NABILA ZAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1607015056_ARINA NABILA ZAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arina Nabila, Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Akhlak merupakan aspek yang paling esensial dalam kehidupan, baik dalam kehidupan individu maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Perlunya penanaman nilai-nilai akhlak pada anak dianggap sangat penting karena pandainya seorang anak tak luput dari akhlak yang baik. Hal ini tak lepas dari pandangan komunitas pemulung yang beranggapan bahwa akhlak lebih penting dibandingkan yang lainnya, penanaman nilai-nilai akhlak yang diterima oleh anak pemulung dapat dikatakan seadanya karena rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh orang tua pemulung. Maka sehubungan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penanaman nilai-nilai akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak yang ditanamkan bagi komunitas pemulung di lapak tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi yang bertujuan untuk menggambarkan pengalaman hidup narasumber dengan kebiasaan yang berkaitan dengan nilai-nilai akhlak yang terjadi di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. Adapun penanaman nilai-nilai akhlak yang terjadi di Lapak Pemulung Ani Jaya berasal dari kegiatan yang dimiliki ketua lapak dan berasal dari pendidikan formal, non formal, dan informal yang dimiliki oleh masing-masing keluarga. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya kesamaan dari ketiga kelurga yang menjadi subyek penelitian yakni dalam metode penanaman nilai-nilai akhlak menggunakan metode punishment, teguran, dan nasehat. Selain itu terdapat 2 faktor pendukung yang terjadi di lapak yaitu faktor internal berupa: adanya semangat yang tinggi pada anak-anak lapak, adanya keinginan untuk lebih maju, dan contoh baik yang di berikan orang tua, adapun faktor eksternal berupa: adanya pengajian yang diadakan ketua lapak, sarana ibadah yang memadai dan tidak dikenakan biasaya. Selain itu terdapat 2 faktor penghambat dalam metode penanaman nilai-nilai akhlak yaitu faktor internal berupa: sifat-sifat beragam yang dimiliki anak, status pendidikan orang tua , dan kurangnya biaya, adapun faktor eksternal yaitu: kurangnya administrasi, pergaulan sekitar lapak, dan gadget yang terjadi di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:53
Last Modified: 18 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28379

Actions (login required)

View Item View Item