Analisa Restrukturisasi Dampak Covid-19 Dalam Penyelesaian Pembiayaan KPR Berakad Murabahah di BTN Syariah KC Harmoni (Studi Kasus BTN Syariah KC Harmoni)

Sulaiman, Aldi Rifki (2021) Analisa Restrukturisasi Dampak Covid-19 Dalam Penyelesaian Pembiayaan KPR Berakad Murabahah di BTN Syariah KC Harmoni (Studi Kasus BTN Syariah KC Harmoni). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025017_ALDI RIFKI SULAIMAN.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025017_ALDI RIFKI SULAIMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aldi Rifki Sulaiman : 1707025017, “Analisa Restrukturisasi Dampak Covid-19 Dalam Penyelesaian Pembiayaan KPR Berakad Murabahah di BTN Syariah KC Harmoni (Studi Kasus BTN Syariah KC Harmoni)” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Penelitian ini dilakukan di BTN Syariah KC Harmoni sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperjelas bagaimana mengumpulkan data yang dibutuhkan. Metode analisis data yang digunakan data ialah data primer dan data sekunder. Dalam metode pengolahan data yang penulis lakukan adalah dengan mendeskripsikan hasil wawancara yang penulis lakukan dalam mengolah data penelitian tersebut. Variabel yang gunakan penulis adalah independen (X) yaitu Restrukturisasi, dan dependen (Y) yaitu penyelesaian pembiayaan KPR Berakad Murabahah.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan pembiayaan KPR yang bermasalah dengan menggunakan akad murabahah akibat adanya dampak Covid-19 yang menyebabkan nasabah mengalami penurunan pendapatan karena adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau adanya pengurangan gaji karena omset usaha yang menurun. Restrukturisasi dilakukan untuk dapat membantu nasabah dalam memenuhi kewajibannya. Dengan adanya restrukturisasi pembiayaan ini selama pandemi Covid-19 bisa terkendali dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:07
Last Modified: 14 Aug 2023 08:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28208

Actions (login required)

View Item View Item