Pengaruh Pembiayaan Bermasalah Dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2017-2020)

Aghniansyah, Ahmad Raihan (2021) Pengaruh Pembiayaan Bermasalah Dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2017-2020). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025098_AHMAD RAIHAN AGHNIANSYAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025098_AHMAD RAIHAN AGHNIANSYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ahmad Raihan Aghniansyah : 1707025098, “Pengaruh Pembiayaan Bermasalah dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2017-2020)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Penelitian ini menggunakan Bank Umum Syariah sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta data yang digunakan dalam bentuk data sekunder, yaitu laporan keuangan tahunan periode 2017-2020 yang diperoleh dari website resmi bank dan OJK. Dalam hal ini metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Untuk pengolahan data peneliti menggunakan alat uji asumsi klasik terlebih dahulu. Serta yang digunakan untuk pengolahan data penguji menggunakan alat uji SPSS. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji T dan uji F, serta uji determinasi R, dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan periode pengamatan menunjukan bahwa data penelitian ini berdistribusi normal.
Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan dari uji T (Parsial) menunjukan bahwa pembiayaan bermasalah (NPF) tidak berpengaruh namun signifikan terhadap profitabilitas (ROA). sementara variable dari efisiensi operasional (BOPO) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Berdasarkan dari uji hipotesis secara bersama dari uji F (simultan) menunjukan bahwa hasil keseluruhan dari variable pembiayaan bermasalah dan efisiensi operasional secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:22
Last Modified: 14 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28199

Actions (login required)

View Item View Item