LAMA WAKTU KEMBALI KERJA PADA PEKERJA DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH YANG BEROBAT DI RUMAH SAKIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN

Wening Tri Mawanti, Wening (2017) LAMA WAKTU KEMBALI KERJA PADA PEKERJA DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH YANG BEROBAT DI RUMAH SAKIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN. Masters thesis, Universitas Indonesia.

[thumbnail of Tesis]
Preview
Text (Tesis)
Tesis_Wening Tri Mawanti full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Salah satu gangguan muskuloskeletal yang sering berhubungan dengan pekerjaan adalah nyeri punggung bawah. Prevalensi nyeri punggung bawah pada pekerja angkat angkut sebesar 70,3% (Halim S.) dan 22,98% pada perawat perempuan di ruang rawat inap rumah sakit (Widiyanti ECL.. Dampak nyeri punggung bawah adalah disabilitas, menurunnya produktivitas dan angka kehadiran serta hilangnya jam kerja. Kembali bekerja sesegera mungkin setelah sakit dalam kapasitas tertentu merupakan tindakan yang sangat disarankan. Di Indonesia sampai saat ini belum terdapat data mengenai lama waktu kembali kerja pada pekerja dengan nyeri punggung bawah dan faktor-faktor yang berhubungan.

Metode: Penelitian ini menggunakan disain potong lintang untuk mengetahui lama waktu kembali kerja dan hubungannya dengan faktor individu, lingkungan dan pekerjaan. Penelitian menggunakan kuesioner Oswestry. Populasi adalah pekerja dengan nyeri punggung bawah yang berobat ke rumah sakit dan diberi surat istirahat dokter atau menjalani rawat inap.

Hasil: Pekerja dengan nyeri punggung bawah yang berobat ke rumah sakit (November 2016-April 2017), memperoleh surat istirahat dokter dan atau rawat inap berjumlah 40 orang (total sampling). Nilai rerata lama waktu kembali kerja adalah 3 hari (1-15 hari) faktor yang berhubungan dengan lama waktu kembali kerja adalah usia (RO 9,71, IK 95% 1,08-87,31) dan faktor disabilitas sebelum pengobatan (RO 2,50, IK 95% 1,25-4,99).

Kesimpulan: Lama waktu kembali kerja akibat nyeri punggung bawah rerata 3 hari dan mempunyai hubungan dengan usia dan tingkat disabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Wening Tri Mawanti
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:00
Last Modified: 14 Aug 2023 06:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item