Analisis Penerapan Prinsip Bagi Hasil Dan Manajemen Risiko Pada Pembiayaan Musyarakah Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Bank Syariah Indonesia Cabang Jakarta Barat).

Ivaga, Egi Velian (2021) Analisis Penerapan Prinsip Bagi Hasil Dan Manajemen Risiko Pada Pembiayaan Musyarakah Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Bank Syariah Indonesia Cabang Jakarta Barat). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707029001_EGI VELIANA IVAGA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707029001_EGI VELIANA IVAGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan bagi hasil dan manajemen risiko pada pembiayaan musyarakah di era pandemi Covid-19 pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Jakarta Barat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan field research melalui wawancara terstruktur kepada Manager Operational dan Marketing Pembiayaan Musyarakah. Berdasarkan hasil penelitian bagi hasil dengan menerapkan 5C+1S dan 7 aspek lainnya. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Jakarta menerapkan bagi hasil dengan revenue sharing. Manajemen risiko yang dimulai dari identifikasi risiko, pengukuran terhadap risiko, pemantauan risiko, dan penanganan pembiayaan musyarakah yang bermasalah.
Saat pandemi seperti sekarang ini bank melakukan restrukturisasi sebagai solusi bagi nasabah yang sedang mengalami penurunan income seperti sekarang ini. Bank merestrukturisasi dengan cara mengurangi angsuran tiap bulan hinggan 3,6, atau 12 bulan. Setelah itu diakhir masa angsuran nasabah akan membayar lebih besar dari angsuran sebelumnya. Jika nasabah usahanya sudah tidak berjalan atau gulung tikar maka agunan yang sudah diberikan yang akan menutupi angsurannya.
Dalam penerapan bagi hasil dan manajemen risiko sudah sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:17
Last Modified: 26 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item