Peranan Perbankan Syariah Dalam Penyaluran Pembiayaan Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Depok Margonda 2

Aulia, Hanifa (2021) Peranan Perbankan Syariah Dalam Penyaluran Pembiayaan Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Depok Margonda 2. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025067_HANIFA AULIA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025067_HANIFA AULIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hanifa Aulia, Peranan Perbankan Syariah Dalam Penyaluran Pembiayaan Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Depok Margonda 2 Program Studi Perbankan Syaria. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.
Sektor UMKM menjadi sektor yang paling banyak di antara masyarakat luas, UMKM juga merupakan peranan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Permasalahan yang sering terjadi pada UMKM adalah modal yang dimiliki terbatas dan sulit untuk mengakses modal tersebut. Perbankan syariah mempunyai fungsi untuk memperlancar mekanisme ekonomi, oleh karena itu bank syariah hadir untuk memberikan ketersediaan modal para pelaku UMKM dalam bentuk pembiayaan mikro untuk membantu perkembangan para pelaku UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan perbankan syariah untuk perkembangan usaha mikro nasabah BSI KC Depok Margonda 2 dan mengetahui dampak yang dirasakan pelaku usaha mikro. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan huberman.
Dengan hasil penelitan menunjukan bahwa BSI KC Depok Margonda 2 dalam pembiayaannya mikro peran bank yaitu memberikan prosedur yang jelas dan analisis pembiayaan yang dilakukan oleh bank yang dilakukan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian membuat pembiayaan menjadi lancar dan mempunyai perhitungan mengenai perkembangan usaha nasabah,serta dampak yang dirasakan oleh nasabah pembiayaan mikro yaitu adanya peningkatan dalam jumlah pendapatan usaha pelaku usaha mikro.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:38
Last Modified: 21 Jul 2023 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item View Item