Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Informasi terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah (Studi kasus masyarakat Rt 015/04 Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur).

Fadhillah, Mahmud (2021) Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Informasi terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah (Studi kasus masyarakat Rt 015/04 Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1707025018_MAHMUD FADHILLAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1707025018_MAHMUD FADHILLAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahmud Fadhillah, Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Informasi terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah (Studi kasus masyarakat Rt 015/04 Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur). Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Informasi dapat mempengaruhi minat menabung masyarakat Rt 015/04 Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi masyarakat Rt 015 sebanyak 150 orang dan dengan penentuan responden yang sesuai dengan kriteria sebanyak 100 orang. Penelitian ini tertuju pada seluruh masyarakat Rt 015 yang berusia 15-60 tahun.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Religiusitas secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan tehadap minat menabung di bank syariah. Variabel Lingkungan Sosial secara parsial berpengaruh positif terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Variabel Informasi secara parsial berpengaruh positif terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Dan secara simultan variabel Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Informasi berpengaruh positif terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Religiusitas, Lingkungan Sosial dan Informasi menjadi faktor yang berpengaruh terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Berdasarkan uji koefisien determinasi menjelaskan bahwa pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Religiusitas terhadap Minat Menabung di Bank Syariah sebesar sebesar 59,6%. Sedangkan 40,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:04
Last Modified: 06 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26000

Actions (login required)

View Item View Item