Analisis Transaksi Bank Garansi dalam Sistem Syariah (studi kasus di Bank BJB Syariah Cabang Jakarta).

Apriani, Siti Nur Abida (2014) Analisis Transaksi Bank Garansi dalam Sistem Syariah (studi kasus di Bank BJB Syariah Cabang Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1007025109_SITI NUR ABIDA APRIANI.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1007025109_SITI NUR ABIDA APRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Nur Abida Apriani, Analisis Transaksi Bank Garansi dalam Sistem Syariah (studi kasus di Bank BJB Syariah Cabang Jakarta). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Dalam pengamatan penggunaan bank garansi dewasa ini, telah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yaitu dalam suatu aktivitas bisnis, dimana masalah pembiayaan menempati posisi yang signifikan. Tanpa kelancaran transaksi finansial, kinerja pelaku usaha akan mengalami hambatan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, para pihak yang terlibat dalam suatu transaksi bisnis kerap kali mengikutsertakan pihak ketiga untuk menjamin likuiditas dana. Guna mengakomodasi kepentingan itulah, pelaku bisnis memanfaatkan jasa lembaga keuangan seperti perbankan.
Bank garansi adalah sertifikat jaminan yang diberikan suatu bank kepada pemilik proyek atas nama kontraktor, nilai bank garansi harus sama dengan nilai yang dijamin. Penerbitan bank garansi tidak menjamin akan terlaksananya prestasi yang dibebankan terhadap pihak terjamin, akan tetapi bank garansi hanya menjamin atau menanggung manakala si terjamin melakukan wanprestasi. Ada lima jenis bank garansi, Garansi Bank untuk Pelelangan (Tender/Bid Bond). Garansi Bank untuk Pelaksanaan (Performance Bond). Garansi Bank untuk Uang Muka (Advanced payment Bond). Garansi Bank untuk Pemeliharaan (Retention/Maintenance Bond). Garansi Bank untuk Sanggahan Banding.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:34
Last Modified: 03 Jul 2023 04:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item