Analisa kepatuhan pembiayaan murabahah atas psak no. 102 tentang murabahah pada pembiayaan murabahah di kspps usaha mulya pondok indah

Annisa, Nurul (2021) Analisa kepatuhan pembiayaan murabahah atas psak no. 102 tentang murabahah pada pembiayaan murabahah di kspps usaha mulya pondok indah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1707025045_NURUL ANNISA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1707025045_NURUL ANNISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan lembaga keuangan syariah terhadap pernyataan standar akuntansi keuangan (psak) no 102 pada penerapan produk pembiayaan murabahah di kspps usaha mulya pondok indah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer melalui instrument wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis domain dari spradley.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa : pada pengakuan dan pengukuran pembiayaan murabahah tidak sepenuhnya sesuai psak 102, karena kspps usaha mulya hanya menerima murabahah dengan pesanan dan mengakui asset pada saat penyerahan kas kepada nasabah. Sedangkan, pada penyajian dan pengungkapan pembiayaan murabahah telah sesuai dengan psak 102.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 26 May 2023 07:49
Last Modified: 26 May 2023 07:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25337

Actions (login required)

View Item View Item