Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja pada Karyawan Bagian Produksi Cetak Nomor di Perushaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia Karawang Tahun 2018

Utami, Tri (2018) Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja pada Karyawan Bagian Produksi Cetak Nomor di Perushaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia Karawang Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015148_TRI UTAMI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015148_TRI UTAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stres yang dialami dalam dunia kerja sering disebut dengan stres kerja. Seseorang dapat dikategorikan mengalami stres kerja apabila stres yang dialami melibatkan juga pihak organisasi perusahaan tempat orang yang bersangkutan bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktorfaktor yang berhubungan dengan stres kerja pada karyawan bagian produksi cetak nomor di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia Karawang Tahun 2018. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia Karawang pada bulan Juni 2018. Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Dengan populasi seluruh karyawan yang ada di bagian produksi cetak nomor sebanyak 86 karyawan dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor intrinsik, faktor organisasional, faktor individu, dan faktor kondisi kerja. Sedangkan variabel terikat adalah stres kerja. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil melalui wawancara yang diisi oleh responden melalui kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 38 responden (44,2%) mengalami stres kerja berat sebanyak 65 responden yang berusia muda (75,6%), masa kerja terdapat 62 responden dengan massa kerja baru (72,1%), status pernikahan terdapat 54 responden yang belum menikah (62,1%), shift kerja terdapat 46 responden yang sedang menjalankan shift kerja tidak berisiko (53,5%). Berdasarkan hasil analisis dari seluruh variabel bahwa terdapat 4 hasil yang bermakna dengan stres kerja yaitu Usia Pvalue (0,000), Masa Kerja Pvalue (0,000), Status Pernikahan Pvalue (0,000) dan Hubungan Kondisi Kerja Pvalue (0,000), sedangkan terdapat 2 hasil yang tidak bermakna yaitu Shift Kerja Pvalue (0,002) dan Struktur Organisasi Pvalue (0,000). Saran untuk perusahaan agar lebih bisa meningkatkan kualitas pekerjaan yang lebih baik lagi terutama untuk para pekerja dibagian produksi cetak nomor. Agar para pekerja juga bisa meningkatkan kinerjanya dan memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 16 May 2023 07:14
Last Modified: 16 May 2023 07:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25271

Actions (login required)

View Item View Item