“Analisis Sistem Pengolahan dan Kualitas Keripik Tempe di Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Hj. Aom Kebayoran Baru Tahun 2018

Lailaturrohmah, Lailaturrohmah (2018) “Analisis Sistem Pengolahan dan Kualitas Keripik Tempe di Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Hj. Aom Kebayoran Baru Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015082_LAILATURROHMAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015082_LAILATURROHMAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengolahan Makanan adalah suatu kegiatan memasak bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap saji, berkualitasdan aman untuk dikonsumsi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengolahan dan kualitas keripik tempe di industri rumah tangga keripik tempe Hj. Aom Kebayoran Baru Jakarta selatan tahun 2018 yaitu keadaan peralatan produksi, fasilitas sanitasi, higiene karyawan, prinsip higiene dan sanitasi makanan dan kualitas keripik tempe. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Instrument yang digunakan yaitu Pedoman wawancara mendalam dan pedoman observasi menggunakan lembar cheklis dengan jumlah responden 5 yaitu, 1 pemilik dan 4 pekerja. Penelitian ini dilakukan di Industri Rumah Tangga keripik tempe Hj. Aom Kebayoran Baru pada bulan April 2018. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kebersihan peralatan, fasilitas sanitasi dan higiene pekerja tidak memenuhi syarat karena penyimpnan peralatan hanya digantung didinding dapur, tidak tersedianya tempat sampah dan toilet, pekerja tidak menggunakan masker, celemek ataupun sarung tangan saat proses pengolahan. Proses pemilihan bahan baku, penyimpanan bahan baku dan proses pengemasan memenuhi syarat sedangkan proses pengolahan, pengangkutan dan penyimpanan tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Permenkes No. 1096 tahun 2011. Uji cemaran mikroba yang dilakukan pada ketiga sampel keripik tempe ditemukan cemaran total bakteri sebanyak 2,1x10⁵ koloni/g, uji cemaran E.coli ditemukan sebanyak 0 sel dan uji kapang ditemukan <3 koloni/g dengan jenis kapang Aspergillus niger dan Penicillium sp Simpulan dan saran dari penelitian ini bahwa sistem pengolahan keripik tempe di indsutri rumah tangga keripik tempe Hj. Aom Kebayoran Baru belum sepenuhnya memenuhi syarat Permenkes RI No. 1096/MENKES/PER/VI/2011 dan Peraturan Kepala BPOM RI tahun 2012 diantaranya kebersihan peralatan, higiene pekerja, penyediaan fasilitas sanitasi, cara pengolahan, proses pengangkutan dan pross penyimpanan. Sehingga perlu ada peningkatan kualitas dan kebijakan dari pemilik industri rumah tangga serta perlu ada pengingkatan fasilitas sanitasi di indsutri rumah tangga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 16 May 2023 06:51
Last Modified: 16 May 2023 06:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25266

Actions (login required)

View Item View Item