Komitmen Manajemen Bidang Pemeliharaan Transmisi Dalam Penerapan SMK3 Pada PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Barat Tahun 2018

Rahadil Fadhila, Ghifari (2018) Komitmen Manajemen Bidang Pemeliharaan Transmisi Dalam Penerapan SMK3 Pada PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Barat Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015060_GHIFARI RAHADIL FADHILA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015060_GHIFARI RAHADIL FADHILA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada pekerjaan apa saja. Pada perusahaan PLN TJBB masih terdapat beberapa insiden yang menimpa pekerja diantaranya tertimpa alat, terjepit ataupun terkena induksi ringan. Dalam PP No. 50 tahun 2012 menyebutkan bahwa SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komitmen manajemen bidang pemeliharaan transmisi dalam penerapan SMK3 pada PT PLN (Persero) TJBB. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan informan pihak manajemen PT PLN HAR Trans. Penelitian dilakukan pada bulan Februari Agustus 2018 dengan menggunakan metode pengambilan data primer berupa wawancara mendalam dan melakukan observasi serta menelaah data sekunder yang telah terekap dalam dokumen perusahaan dengan menggunakan SMCI, OCQ, dan elemen pertama PP No. 50 tahun 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen senior manajemen yang ditunjukkan PLN HAR Trans TJBB tinggi terbukti dari 7 kriteria SMCI yang telah terpenuhi dan komitmen organisasi PT PLN HAR Trans TJBB baik. Begitu pula dengan pemenuhan elemen pertama berdasarkan PP No. 50 Tahun 2012 termasuk ke dalam tingkat baik dengan terpenuhinya 22 kriteria dari 26 kriteria. Komitmen yang ditunjukkan sudah baik, untuk meningkatkan pemenuhan elemen pertama SMK3 PT PLN TJBB disarankan dibuatkannya kebijakan khusus yang didokumentasikan perusahaan, hasil yang ada dari tinjauan ulang dimasukan ke dalam perencanaan tindakan manajemen, perusahaan membuat jadwal konsultasi langsung secara khusus bergilir terkait permasalahan K3, sebaiknya sekretaris P2K3 sudah tersertifikasi ahli K3 serta meningkatkan komitmen senior manajemen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 16 May 2023 03:38
Last Modified: 16 May 2023 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item