Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders (MSDs) Pada Mekanik di PT. Setiajaya Mobilindo Depok Tahun 2018

Afifah Firdaus, Intan (2018) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders (MSDs) Pada Mekanik di PT. Setiajaya Mobilindo Depok Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015074_INTAN AFIFAH FIRDAUS.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015074_INTAN AFIFAH FIRDAUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muskuloskeletal disorders (MSDs) adalah keluhan pada bagian- agian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari yang keluhan ringan sampai keluhan berat. Tujuan penelitian ini untuk melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan muskuloskeletal disorders (MSDs). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik menggunakan metode cross-sectional dan dengan uji chi-square. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mekanik di Toyota Setiajaya Mobilindo Depok yang berjumlah 36 menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitian didapatkan responden yang mengalami keluhan muskuloskeletal disorders (MSDs) berjumlah 26 responden (72.2%), yang berusia tua 16 responden (44.4%), pekerja lama 18 responden (50%), kurang berolahraga 26 responden (72.7%), merokok 22 responden (61.1%), memiliki IMT tidak normal 8 (22.2%), dan postur kerja kurang ergonomis 30 (83.3%). Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara keluhan MSDs dengan umur, kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok dan postur kerja. Sedangkan yang tidak berhubungan adalah masa kerja dan indeks massa tubuh. Perusahaan disarankan untuk melakukan sosialisasi mengenai postur kerja yang baik dan benar dengan bekerja sama dengan dinas kesehatan terdekat. Selain itu perusahaan juga dapat mengadakan olahraga atau pemanasan bersama sebelum melakukan aktivitas pekerjaan, dan untuk mengurangi kebiasaan merokok pada pekerja perlu diadakan pengawasan dan pemberian poster mengenai bahaya merokok di tempat pekerja beristirahat dengan memberikan sanksi langsung pada pekerja yang merokok pada saat jam kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 15 May 2023 04:49
Last Modified: 15 May 2023 04:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25239

Actions (login required)

View Item View Item