Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Terhadap Pembiayaan Murabahah Konsumtif (Studi Kasus Bank BNI Syariah KC Jakarta Barat).Skripsi, Program Studi Perbankan syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

Alalloh,, Deni Mutawakil (2020) Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Terhadap Pembiayaan Murabahah Konsumtif (Studi Kasus Bank BNI Syariah KC Jakarta Barat).Skripsi, Program Studi Perbankan syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025073_DENI MUTAWAKIL ALALLOH.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025073_DENI MUTAWAKIL ALALLOH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Deni Mutawakil Alalloh, Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Terhadap Pembiayaan Murabahah Konsumtif (Studi Kasus Bank BNI Syariah KC Jakarta Barat).Skripsi, Program Studi Perbankan syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah terhadap pembiayaan murabahah konsumtif, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan studi Pustaka. Metode analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi atau Penyimpulan Data.
Penelitian ini dilaksanakan di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat yang berlokasi di Jl. Raya Arteri Kelapa Dua No. 40, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif yang memiliki desain riset studi kasus dengan menggunakan triangulasi sumber data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa bentuk pembiayaan bermasalah dalam akad murabahah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat berdasarkan data persentase kolektibilitas II pada pembiayaan murabahah tahun 2016 adalah 2.80%, 2017 adalah 2,95%, dan di tahun 2018 mengalami kenaikan yang fantastis sebesar 24,36%, begitu juga di tahun 2019 mengalami kenaikan 4,74%. Faktor penyebab adanya pembiayaan bermasalah ialah adanya faktor internal dan eksternal dari nasabah, Penyelesaian pembiayaan bermasalah dalam akad murabahah yang diterapkan pada Bank BNI Syraiah Jakarta Barat yaitu dengan cara: Via telepon dan kunjungan rumah, Pengeluaran Surat Peringatan (SP), Strategi 3R (Recheduling, Reconditioning, Restructuring), lelang dan beberapa action plan yang di terapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 May 2023 07:08
Last Modified: 12 May 2023 07:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25224

Actions (login required)

View Item View Item