Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Penggunaan Aman Tabung Gas LPG 3 kg pada Pekerja Rumah Makan Warteg di Kelurahan Kalianyar Kecamatan Tambora Jakarta Barat Tahun 2018

Ridwan Alwi Nur Arrasyid, Muhammad (2018) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Penggunaan Aman Tabung Gas LPG 3 kg pada Pekerja Rumah Makan Warteg di Kelurahan Kalianyar Kecamatan Tambora Jakarta Barat Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015099_ MUHAMMAD RIDWAN ALWI NUR ARRASYID.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015099_ MUHAMMAD RIDWAN ALWI NUR ARRASYID.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak negatif yang menimbulkan keresahan bagi masyarakat dalam menggunakan tabung gas LPG 3 kg yaitu ledakan tabung gas LPG yang disebabkan oleh kebocoran pada tabung gas yang menimbulkan kerugian dan korban. Terdapat beberapa faktor yang memicu kejadian tersebut seperti kurangnya pengetahun dan sikap terhadap penggunaan tabung gas LPG serta kondisi tabung dan aksesoris pendukung yang tidak sesuai standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sosialisasi, faktor presdiposisi dan faktor penguat terhadap perilaku penggunaan aman tabung gas LPG pada pekerja rumah makan warteg di Kelurahan Kalianayar Kecamatan Tambora Jakarta Barat tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan, sikap, sosialisasi dan pengawasan. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan hasil wawancara kuesioner. Jumlah populasi penelitian adalah 82 responden dan jumlah sampel penelitian adalah 78 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil uji univariat menunjukkan proporsi perilaku tidak aman dalam penggunaan tabung gas LPG 3 kg sebagian besar adalah pengetahuan rendah (14.1%), dengan sikap yang kurang baik (39.7%), menerima sosialisasi dengan kurang baik (89.7%), tingkat pengawasan rendah (44.9%). Hasil uji bivariat menunjukkan hanya variabel sikap yang memiliki hubungan bermakna dengan perilaku penggunaan aman tabung gas LPG 3 kg (Pvalue=0.002). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pekerja rumah makan warteg di Kelurahan Kalianyar dapat lebih memperhatikan serta merawa kondisi tabung dan aksesoris pendukung LPG, saling mengingatkan antar rekan kerja jika terjadi kesalahan dalam penggunaan tabung gas LPG yang berpotensi terjadinya ledakan LPG.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 May 2023 04:06
Last Modified: 12 May 2023 04:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item