Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Pada Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba Tahun 2016

Puspita Mila Silmi, Kirana (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Pada Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1205015058_KIRANA PUSPITA MILA SILMI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1205015058_KIRANA PUSPITA MILA SILMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingginya jumlah kasus skabies di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba pada anak didik 7 bulan terakhir yaitu pada bulan september 2015 sampai dengam maret 2016 berjumlah 57 anak didik yang terkena skabies dari 60 anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan personal hygiene pada anak didik di lembaga pemasyarakatan klas IIA salemba. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan uji chi square untuk melihat hubungan antara variabel independen dan dependen. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba pada bulan bulan maret sampai agustus 2016, pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 22 agustus 2016. Populasi anak didik di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba sebanyak 60 orang. Sampel penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode sampling jenuh dengan mengambil seluruh populasi anak didik di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil univariat pada penelitian ini yaitu, responden yang memiliki personal hygiene yang buruk (75.0%), responden dengan pengetahuan rendah (66.7%), responden dengan sikap yang kurang baik (55.0%), reponden dengan persepsi ketersediaan sarana sanitasi yang kurang (58.3%), reponden tidak adanya dukungan teman sebaya (58.3%), responden dengan hasil yang sama antara adanya dukungan petugas (50.0%) dan tidak adanya dukungan petugas (50.0%) Hasil uji bivariat diperoleh variabel yang berhubungan dengan personal hygiene yaitu, variabel pengetahuan (Pvalue 0.011), dan persepsi ketersediaan sarana sanitasi (Pvalue 0.023) Saran, Lembaga pemasyarakatan sebaiknya lebih memperhatikan lagi penerapan personal hygiene anak didik dan lingkungan Lapas seperti memfasilitasi sarana sanitasi untuk anak didik agar tetap bersih dan sehat, membuat program preventif dan promotif berkaitan dengan kesehatan anak didik di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba, mengadakan kegiatan kuratif atau pengobatan secara serentak kepada anak didik untuk penyembuhan penyakit agar meminimalisir penularan penyakit skabies.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 May 2023 03:57
Last Modified: 12 May 2023 03:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item View Item