Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman Pekerja Kontruksi PT KSO Jaya Kontruksi-Adhi Proyek Pembangunan Jalan Tol seksi A Kelapa Gading Tahun 2018

Sofyaturrohimi, Eva (2018) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman Pekerja Kontruksi PT KSO Jaya Kontruksi-Adhi Proyek Pembangunan Jalan Tol seksi A Kelapa Gading Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1505019004_EVA SOFYATURROHMI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1505019004_EVA SOFYATURROHMI.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Perilaku tidak aman adalah segala tindakan menyimpang yang dapat menyebabkan terjadinya suatu kecelakaan kerja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku tidak aman pekerja kontruksi PT KSO Jaya Kontruksi-Adhi proyek pembangunan jalan tol seksi A Kelapa Gading tahun 2018. Desain penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan instrumen wawancara menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pekerja lapangan PT KSO Jaya Kontruski Adhi proyek pembangunan jalan tol seksi A, berjumlah 639. Responden yang dijadikan sampel pada penelitian ini berjumlah 105. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Data dianalisis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 84,8% berperilaku tidak aman, yang berumur muda 61,0%, tingkat pendidikan tinggi 85,7%, dengan sikap baik 94,3%, memiliki pengetahuan tinggi 82,9%, menyatakan ketersediaan APD lengkap 93,3%, telat mengikuti pelatihan 57,1% serta menyatakan pengawasan baik 73,3%. Secara statistik terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku tidak aman nilai Pvalue (0,048), pelatihan dengan perilaku tidak aman dengan Pvalue (0,041) dan pengawasan dengan perilaku tidak aman dengan Pvalue (0,045), sedangkan tidak ada hubungan antara umur, pendidikan, sikap dan ketersediaan APD dengan perilaku tidak aman. Saran dari penelitian ini adalah lebih mengutamakan pekerja yang berpengalaman dalam bidangnya dan memiliki jam terbang tinggi daripada pekerja baru, mengadakan sosialisasi atau pelatihan rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pekerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 08 May 2023 03:44
Last Modified: 08 May 2023 03:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25188

Actions (login required)

View Item View Item