Peningkatan Penguasaan Kanji N3 dengan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021

Fajriah, Nabilla Khoirunissa Nur dan Sukmara, Rina (2021) Peningkatan Penguasaan Kanji N3 dengan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nabilla Khoirunissa Nur Fajria.pdf]
Preview
Text
Nabilla Khoirunissa Nur Fajria.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project
based learning (PJBL) terhadap Penguasaan Kanji N3 Mahasiswa Semester 4
Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dengan
menggunakan metode Quasi Experimental. Populasi yang digunakan adalah
mahasiswa semester IV sebanyak 29 orang. Penelitian ini menggunakan teknik
pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil
perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest 64,59, nilai tertinggi 89,00 dan terendah
54,00. untuk nilai rata-rata posttest 73,69, nilai tertinggi 88,00 dan terendah 54,00.
Hasil uji Mann Whitney adalah hitung 0,001, dengan taraf signifikansi 0,05,
kemudian 0,001 < 0,05 yang berarti model pembelajaran project based learning
(PJBL) efektif dalam meningkatkan penguasaan kanji. Berdasarkan hasil angket,
dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL), siswa
menjadi antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran kanji, namun model
pembelajaran project based masih belum sesuai untuk diterapkan pada mata kuliah
kanji N3.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item