Profil Laboratorium Biologi SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 14 Kabupaten Tangerang

Fauziah, Rossy Annisa dan Safahi, Luthpi (2022) Profil Laboratorium Biologi SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 14 Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Rossy annisa fauziah.pdf]
Preview
Text
Rossy annisa fauziah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai profil laboratorium biologi dalam hal kelengkapan dan kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium biologi SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 14 Tangerang berdasarkan Permendiknas No. 24 tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling atau teknik penentuan sampel penelitian dengan pertimbangan tertentu. Pembelajaran berbasis laboratorium menekankan kegiatan praktikum di laboratorium sebagai komponen utama dalam proses belajar mengajar. Hal ini akan mewujudkan hakikat Biologi yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Perlu adanya penelitian lebih mendalam mengenai seberapa jauh pembelajaran ini diimplementasikan oleh guru dan bagaimana sebenarnya implikasinya terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran berbasis laboratorium; 2) guru telah mengimplementasikan pembelajaran berbasis laboratorium pada materi Biologi 3) guru sudah menyiapkan silabus, RPP dan LKS sebagai perangkat pembelajaran Biologi berbasis laboratorium; 4) kualitas hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem pencernaan berada dalam kategori cukup baik 5) Sekolah telah dilengkapi laboratorium guna menunjang proses pembelajaran Biologi berbasis laboratorium.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item View Item