EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS PROYEK POSTER DIGITAL TERHADAP KREATIVITAS PADA PTM-T BIOLOGI SISWA KELAS X

Aisyah, Kenanga El dan Amirullah, Gufron (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS PROYEK POSTER DIGITAL TERHADAP KREATIVITAS PADA PTM-T BIOLOGI SISWA KELAS X. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Kenanga El Aisyah.pdf]
Preview
Text
Kenanga El Aisyah.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang melibatkan siswa
dalam menyelidiki masalah-masalah menarik yang mengarah pada produk otentik.
Pembelajaran berbasis proyek mengacu pada kerangka konstruktivis yang membuat
proses belajar dan mengajar aktif dan bermakna melalui inkuiri dan membangun
pengetahuan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas pemberian tugas proyek poster digital dalam meningkatkan kreativitas
siswa pada pembelajaran Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan design penelitian pre-eksperimental design. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N 97 Jakarta berjumlah 30 siswa
yang ditentukan menggunakan teknik random. Data diperoleh dengan
menggunakan Lembar Penilaian Keterampilan dengan bentuk penugasan
pembuatan proyek poster digital. Pada uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas
dengan menggunakan One-Semple Kolmoorov-Smirnov Test diperoleh nilai sig. pre
test=0,186 dan nilai sig. post test = 0,10, maka dapat disimpulkan bahwa data
berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji Levene
statistic diperoleh nilai sig.=0,15, maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian
berasal dari populasi yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan
diperoleh nilai sig. (2-tailed)=0,000, maka dengan demikian Ha diterima yang
menyatakan bahwa pemberian tugas proyek poster digital efektif dalam
meningkatkan kreativitas pada PTM-T Biologi siswa kelas X. Kendala dalam
penelitian ini adalah terbatasnya alokasi waktu kegiatan pembelajaran selama PTMT
karena kondisi pandemi Covid-19. Solusi yang dapat diberikan yaitu agar
pendidik dapat memaksimalkan alokasi waktu yang tersedia dengan efisien,
memaksimalkan pemanfaatan media digital, serta melakukan eksplorasi berbagai
jenis media digital yang lebih variatif untuk menstimulus siswa agar lebih aktif,
kreatif, dan inovatif pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:03
Last Modified: 10 Jul 2023 09:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item