Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem

Nursafitri, Tuti dan Safahi, Luthpi (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Tuti Nursafitri.pdf]
Preview
Text
Tuti Nursafitri.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X
IPA pada materi ekosistem yang dilakukan pada siswa kelas X IPA 2 yang
berjumah 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 34 orang
siswa.
Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi
ekosistem sebanyak 10 butir soal dan kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi
kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 23 pernyataan. Instrumen yang
digunakan telah melalui proses validasi secara empiris dan dijudgement oleh ahli.
Dari 12 butir soal yang divalidasi diperoleh 10 butir soal yang dapat digunakan pada
penelitian ini.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa statistik deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan
bahwa kemampuan berpikir kritis siswa termasuk ke dalam kategori cukup dengan
persentase 57,37%. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebesar 73,50 dan nilai
terendah sebesar 32. Dari keenam indikator berpikir kritis diperoleh kemampuan
menginterpretasi sebesar 58,58%, kemampuan menganalisis 57,84%, pengaturan
diri 55,88%, evaluasi 55,24%, inferensi 53,62%, dan eksplanasi 43,99 %. Hasil
kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis secara
berturut-turut yaitu kompetensi guru sebesar 78,59%, siswa sebesar 61,12%, dan
lingkungan sebesar 43,37%.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis
siswa kelas X IPA pada materi ekosistem tergolong cukup. Dari keenam indikator
berpikir kritis, kemampuan menginterpretasi merupakan kemampuan yang paling
dikuasai oleh siswa atau memperoleh kategori yang tinggi. Berdasarkan kuesioner
ditemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kemampuan berpikir kritis
siswa yaitu aspek guru dengan persentase sebesar 78,59% atau termasuk dalam
kategori tinggi dan aspek siswa dengan persentase sebesar 61,12% yang termasuk
dalam kategori tinggi. Sedangkan aspek lingkungan memperoleh persentase sebesar
43,37% dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25027

Actions (login required)

View Item View Item