Tingkah Laku Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas Cuvier, 1809) Dalam Penggunaan Ruang Kandang Pamer di Kebun Binatang Bandung

Suryadinata, Sheriena Putri dan Dharma, Agus Pambudi (2021) Tingkah Laku Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas Cuvier, 1809) Dalam Penggunaan Ruang Kandang Pamer di Kebun Binatang Bandung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of SHERIENA PUTRI SURYADINATA.pdf]
Preview
Text
SHERIENA PUTRI SURYADINATA.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkah laku macan tutul jawa dalam penggunaan ruang kandang pamer di Kebun Binatang Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode focal animal sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 3 ekor macan tutul jawa, sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah macan tutul jawa jantan dan macan tutul jawa betina. Pada penelitian tingkah laku macan tutul jawa di KBB di dapatkan hasil yaitu perbedaan antara frekuensi dan durasi pada setiap individunya dan diperoleh macam-macam tingkah laku pada macan tutul jawa yaitu beristirahat, bergerak, berkomunikasi, bermain, grooming, kawin, makan, minum, dan urinasi. Tingkah laku yang paling sering dilakukan oleh macan tutul jawa adalah tingkah laku beristirahat dengan frekuensi dan durasi yaitu, macan tutul jawa betina (Maya) 57,51% (48 menit), macan tutul jawa jantan (Beuti) 52,6% (40,2 menit), dan macan tutul jawa jantan (Sugih) 50% (39,6 menit), sedangkan untuk tingkah laku dengan frekuensi dan durasi terkecil berbeda-beda setiap individunya. Kehadiran pengunjung di KBB menyebabkan macan tutul jawa lebih banyak menghabiskan waktu untuk beristirahat. Sebagian besar waktu yang dilakukan oleh ketiga individu macan tutul jawa di dalam kandang pamer KBB adalah tingkah laku beristirahat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25023

Actions (login required)

View Item View Item