Pengaruh Pemberian Feedback Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi

Lestari, Rizqiana Dwi dan Astuti, Yuni (2021) Pengaruh Pemberian Feedback Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Rizqiana Dwi Lestari.pdf]
Preview
Text
Rizqiana Dwi Lestari.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aktivitas yang sangat penting pada proses
pembelajaran yang sepatutnya dilakukan oleh siswa untuk memecahkan suatu
masalah. Pemberian feedback (umpan balik) menjadi salah satu upaya dalam
menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir kritis pada
materi sistem koordinasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 95 Jakarta pada
semester genap tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode quasi
eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Uji validitas pada
penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 7 soal uraian
(essay) dengan 6 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan
rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung= 0,4001 dengan kategori koefisien
reliabilitas cukup. Kemudian uji prasyarat analisis data diawali dengan uji
normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dengan ketentuan X2
hitung < X2
tabel
sehingga diperoleh hasil kelas eksperimen sebesar 11,2064 < 13,27 dan kelompok
kontrol 4,8892 < 9,21 maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal.
Sedangkan uji homogenitas menggunakan rumus uji Fisher diperoleh fhitung 1,05 <
ftabel 2,291, maka dapat dinyatakan kedua data varians kelompok berdistribusi
homogen. Hasil uji hipotesis digunakan uji t hingga diperoleh thitung 1,043 < ttabel
1,9984 pada taraf signifikansi α = 5%. maka H0 diterima, dengan demikian tidak
terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian feedback terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 95 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item