HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Dhinta, Nur Mulia dan Safahi, Luthpi dan Astuti, Yuni (2021) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NUR MULIA DHINTA.pdf]
Preview
Text
NUR MULIA DHINTA.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kemandirian dengan hasil belajar biologi. Kemandirian belajar merupakan suatu proses belajar dimana setiap individu dapat mengambil inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, dalam hal menentukan kegiatan belajarnya seperti merumuskan tujuan belajar, sumber belajar (baik berupa orang ataupun bahan), mendiagnosa kebutuhan belajar dan mengontrol sendiri proses pembelajarannya (Sundayana, 2016). Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa baik menyangkut aspek kognitif ( pengetahuan), Afektif ( sikap), dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Secara sederhana yang dimaksud dengan hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Karena belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang lebih menetap ( Sari, 2020)
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI SMAN Wijaya Kusuma pada semester ganjil 2020/2021. Sampel diambil secara langsung dari responden dengan responden sebanyak 28 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket Kemandirian dan nilai Ulangan Harian Biologi sebanyak dua kali. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhit > rtab (0,381 > 0,350) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara Kemandirian dengan hasil belajar biologi dan memiliki hubungan yang tergolong kategori cukup.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item